Jumat, 19 Maret 2010

Freeware v.s Shareware

Freeware dan Shareware kedua-duanya sama-sama perangkat lunak (software). Keduanya sama-sama bisa diunduh dengan gratis dan terinstal di pc. Terus apa bedanya? freeware adalah perangkat lunak yang boleh dipakai secara gratis tanpa batasan tertentu. Hak cipta suatu freeware dipegang oleh Pembuatnya. Free di situ berarti gratis.

Berbeda dengan free di Free software yang berarti bebas. Artinya, perangkat lunak itu bisa diiubah, disalin, didistribusikan lagi, serta boleh digunakan untuk berbagai tujuan. Karena free software bisa diubah, makanya free software biasanya bersifat open-source.

Sedangkan Shareware memang gratis juga. Yang pasti, ngunduh-nya (download-nya)gratis.
Setelah diunduh bisa dipakai,tapi dengan batasan tertentu. Kebanyakan batasan yang digunakan adalah waktu. misalnya, shareware bisa dipakai selama 30 hari (trial version) gitu lah kira-kira. lebih dari itu, “bayar dolooo donkk….hahahaha.huahhh ”cepe’ deh!!

Selain waktu, pemakaian shareware bisa dibatasi dengan pembatasan beberapa fitur. Ada juga yang membatasi dengan jumlah penggunaan,(kalau sudah digunakan 20 kali, shareware tak lagi bisa digunakan). “loh kok kaya gitu, jadi gunanya shareware apa?”. bisa dibilang, shareware hanyalah versi trial seperti kalau mau beli buah pastinya nyicipin dulu donk buahnya manis apa gak?kalau dirasa cocok baru dibeli. Begitu kira-kira [fikirjernih.blogspot.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Sobat... ^_^