Sabtu, 07 Juli 2012

Berkawan dengan Bule, Kenapa Tidak ??

Haloooo sobat blogger, sudah lama saya tidak posting dan update blog ini karena sibuk urusan kantor. Alhamdulillah hari ini ada waktu dan menyempatkan untuk sekedar sharing sesuatu. Semoga juga informasi dan sharing ini menjadi sesuatu yah.... (ala syahrinul).

Sobat, sebagai orang Indo tulen tentu sulit bagi kita untuk bergaul dengan bule-bule di luar negeri sana, apalagi dengan bahasa Inggris yang minimalis. Nah berkaitan dengan itu saya punya tips dan trik nih supaya hubungan kita lancar meskipun dengan keterbatasan yang ada, terlebih di sosial media.
1. Cobalah untuk memperkenalkan diri dengan sopan dan baik. Tentu cara ini dilakukan dengan meng ADD dia terlebih dahulu. Biasanya orang bule akan mengkonfirmasi dalam waktu yang cukup lama jadi bersabarlah.
2. Jika sudah di konfirmasi, sesekali menyapalah melalui wall/timeline/pesan, meskipun hanya bilang Hi...introducing myself, my name is"bla bla bla" from Indonesia.....bla bla bla....
3. Suatu berita bagus ketika dia memberikan tanggapan. Ini awal yang bagus, untuk selanjutnya meminta maaf jika bahasa inggrisnya payah, parah, atau sekedar Google Translate...hihi. Jika dia bilang "it's no problem" that's good news...artinya dia mengerti apa yang anda tulis tadi.
4. Mulailah dengan memuji/ mengagumi/ ingin tahu tentang negaranya. Ini penting karena dengan bertanya tentang keindahan, keistimewaan negaranya dia akan banyak bercerita. Jangan lupa pula sharing tentang kondisi negara kita, siapa tahu dia juga ingin tahu.
5. Jangan pelit memuji. Ini penting dilakukan walaupun hanya sekedar kasih Jempol ke status, ataupun foto-foto yang dia publish. Atau kalau mau nulis, cukup: Nice pictures, i like it...
6. Jika komunikasi sudah terjalin, hindari bertanya tentang kehidupan pribadinya. Orang Jepang terutama sangat tertutup. Jika ingin awet berteman bicarakan hal-hal yang bersifat umum saja.
7. Orang luar negeri banyak duit, itu pasti jika dikonversi ke rupiah. Ingatlah, hindari membicarakan apalagi meminta DUIT, pasti dia akan segera LOG OUT dan anda akan kehilangan teman di Luar Negeri.
8. Jika keakraban sudah terjalin, bisa tanyakan apa yang disukai, makanan, buku, atau apalah yang sifatnya umum. Jika dia mau, anda bisa menyisikan sedikit dana untuk mengirikan sekedar buku travel guide, atau apalah yang sekiranya dia suka. (Perlu pengorbanan sedikit sob....)
9. Orang luar negeri tegas. Yah, ini saya alami berulang kali ketika dia menawarkan sesuatu. Dia bertanya" Do you want some book from me ?" Ini artinya dia serius menawarkan jadi jangan basa-basi: jawab saja "Yes, thank's very much !!! Maka anda tinggal mengunggu kiriman barang yang dimaksud.
10. Orang luar negeri sibuk. Bener banget, anda harus sabar menunggu jawaban di chating atau email. Jadi gak usah berharap dia selalu Online.
11. Kenali zona waktu di negaranya. Karena jika dia santai, berarti dia sedang tidak bekerja (sore hari), inilah saat yang tepat untuk chating langsung. Jadi harus dibela-belain untuk melek malam...hehe

Oke sobat, itu sekedar share aja dari pengalaman pribadi saya. Jika ada pengalaman lain boleh kok kita diskusi dengan komentar di bawah !. Salam persahabatan.

1 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Sobat... ^_^