Kata analogi sebenarnya identik dengan perumpamaan. Analogi langsung merupakan salah satu strategi pembelajaran yang digunakan untuk menjelaskan konsep abstrak dalam fisika dengan memanfaatkan kesamaan atau kemiripan antara suatu konsep fisika dengan situasi yang lebih familiar bagi siswa. Strategi ini memungkinkan siswa untuk membangun pemahaman yang lebih mendalam dengan menghubungkan konsep baru dengan pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya (Kurniawan et al, 2024). Dalam fisika, analogi langsung sangat bermanfaat karena banyak konsep yang sulit divisualisasikan atau dirasakan secara langsung.
Salah satu model pembelajaran yang saya kembangkan sebagai tugas akhir studi adalah pengembangan model Sinektik berorientasi HOTS yang didalamnya memuat unsur-unsur Sinektik salah satunya adalah analogi langsung.
Mengapa Analogi penting ? Pertama adalah mempermudah pemahaman: dengan menghubungkan konsep fisika yang abstrak ke situasi yang lebih konkret, siswa dapat memahami prinsip-prinsip fisika secara lebih mudah. Kedua, meningkatkan minat dan motivasi; melalui analogi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan relevan bagi siswa. Ketiga yaitu mendorong berpikir kritis. Siswa dilatih untuk mencari hubungan antara konsep fisika dan analoginya, yang dapat memperkuat kemampuan berpikir kritis mereka.
Contoh Analogi Langsung dalam Pembelajaran Fisika misalnya pada Konsep Hukum Newton Pertama (Inersia): Penjelasan Konsep: Benda yang diam akan tetap diam, dan benda yang bergerak akan terus bergerak dalam garis lurus kecuali ada gaya yang bekerja padanya. Analoginya siswa diminta membayangkan sebuah meja makan yang penuh dengan barang. Jika taplak meja ditarik dengan cepat, barang-barang di atas meja tetap di tempatnya. Barang-barang tersebut cenderung mempertahankan keadaan diamnya karena sifat inersia. Contoh analogi pada konsep gerak harmonik sederhana pada gerak benda bolak-balik melalui titik keseimbangan dengan pola yang berulang. Analoginya pergerakan ayunan taman merupakan analogi langsung untuk memahami gerak harmonik sederhana. ayunan bergerak dari satu sisi ke sisi lain dengan pola yang berulang dan selalu melalui titik tengah (keseimbangan). Berdasarkan kajian (Kurniawan, 2024) analogi perlu disampaikan kepada peserta didik untuk ragam materi. Contoh lainnya pada konsep arus listrik, penjelasan konsepnya bahwa arus listrik adalah aliran muatan melalui konduktor. Analogi yang dapat disampaikan yaitu arus listrik dapat dianalogikan dengan aliran air di pipa. Sama seperti air yang mengalir dari daerah bertekanan tinggi ke rendah, elektron juga mengalir dari daerah berpotensial tinggi ke rendah. Pada konsep Tekanan siswa dapat diberikan konsep bahwa tekanan adalah gaya per satuan luas. Analogi yang dapat diberikan yaitu tekanan dapat dianalogikan dengan ujung jarum dan telapak tangan. Ujung jarum memberikan tekanan tinggi pada kulit karena luas permukaannya kecil, sementara telapak tangan tidak terasa menekan karena luas permukaannya besar.
Apa Keuntungan Penggunaan Analogi Langsung ?
Dengan menggunakan analogi langsung, siswa dapat menghubungkan pembelajaran fisika dengan pengalaman mereka sehari-hari. Hal ini memungkinkan siswa untuk memahami konsep dengan cara yang lebih praktis dan menarik. Selain itu, analogi langsung dapat membantu siswa mengurangi kesulitan dalam memahami konsep abstrak dan memberikan konteks nyata dalam pembelajaran. Namun, penting untuk memastikan bahwa analogi yang digunakan tidak menimbulkan miskonsepsi. Analoginya harus disertai dengan penjelasan yang jelas mengenai kesamaan dan perbedaan antara konsep fisika dengan analogi yang digunakan.
Kesimpulan
Analogi langsung adalah salah satu strategi efektif dalam pembelajaran fisika yang dapat membantu siswa memahami konsep abstrak dengan cara yang sederhana dan relevan. Dengan memilih analogi yang tepat dan familiar bagi siswa, guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan membuat fisika lebih menarik bagi siswa.
Referensi:
Kurniawan, E. S., Mundilarto, E. I., & Istiyono, E. (2024). Improving student higher order thinking skills using Synectic-HOTS-oriented learning model. Int J Eval & Res Educ ISSN, 2252(8822), 1133.
Kurniawan, E. S. (2023). Strategi Jembatan Konsep Analogi Untuk Meningkatkan PhyHOTS Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(1), 26-35.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Sobat... ^_^