Rabu, 27 April 2011

Tips Berhenti Merokok

Peringatan : Merokok Dapat Menyebabkan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi dan Gangguan Kehamilan dan Janin

Sebagai seorang "pelaju" (baca = pergi-berangkat kerja dengan kendaraan umum) sudah barang tentu tidak terlepas dari yang namanya asap rokok entah itu kakek-kakek, maupun anak sekolahan pun dengan santainya menghisap asap dan mengembuskannya kuat-kuat. Tak pelak saya yang berada persis di depannya terkena polusi asap rokok, alih-alih tidak ingin menyinggung sesama penumpang saya buka saja jendela bis lebar-lebar dengan maksud biar asapnya keluar, eh sudah begitu si perokok bilang," mas maaf ya jendelanya jangan lebar-lebar dingin nih"...hmm, orang tidak tahu diri pikir saya.... Dengan alasan itu saya mencoba nenuliskan tips bagaimana agar bisa berhenti merokok. Boleh dikata tips pribadi, karena saya sendiri bukan perokok aktif.
Berikut ulasannya :



1. Memiliki tekad/ kemuan keras untuk berhenti merokok
Meskipun sulit, tapi niat dan kemauan adalah kunci utama dalam mengatasi masalah kebiasaan, jika perlu ada seseorang yang memberikan "treatmen" sehingga bisa total berhenti merokok. Seorang rekan kerja, menghabiskan 2-3 bungkus rokok setiap hari, namun dia mampu berhenti merokok karena desakan situasi yaitu sakit sesak pernafasan. Akhirnya sakitnya berujung sembuh setelah total berhenti selama kurang lebih 1 bulan.

2. Pengendalian Diri
Yang dimaksud pengendalian disini adalah hasrat untuk merokok, ingat bahwa merokok merupakan "candu" sehingga kembali pada pribadi masing-masing untuk menghindarinya. Jika anda sudah terlanjut jatuh cinta pada batang asap ini, cobalah untuk mengendalikan untuk tidak merokok, membeli rokok, atau jika perlu melihat bentuk dan batang rokok

3. Lakukan Bertahap
Suatu kebiasaan tidak akan diubah secara instan !, mengapa demikian karena kebiasaan adalah pola hidup dan mentradisi, sehingga untuk mengubahnya butuh proses dan waktu. Untuk itu berhenti merokok dapat dimulai dari detik anda membaca postingan ini, cobalah untuk menahan tidak merokok 2 jam ke depan, jika anda mampu cobalah untuk tidak merokok 5 jam ke depan, dan jika cara ini berhasil, cobalah untuk tidak merokok selama 1 hari. Jika ini berhasil tapi keinginan untuk menghisap masih kuat, cobalah 2 hari sekali dan itupun 1 batang saja. Jika ini berhasil pasti anda akan mampu menghindari rokok, percayalah bahwa anda mampu !!!

4. Lupakan Perkataan Rekan/Orang Lain
Tak dapat dipungkiri rokok merupakan perekat komunitas, bisa anda lihat jika ada sekumpulan orang sedang mengobrol, meronda di poskamling, hajatan, dan sebagainya pasti ada perekatnya, biasanya setelah duduk mereka akan segera mengeluarkan bungkusan rokok lengkap dengan koreknya dan menawarkannya kepada anda, maka anda dapat menghindari dan menolaknya secara halus, bilang saja " Maaf saya sedang ada gangguan tenggorokan dan nafas, jadi untuk sementara berhenti". Saya kira teman yang arif akan memahaminya bahwa anda mulai meninggalkan kebiasaan merokok. Mengapa tips ke 4 ini harus melupakan perkataan orang, karena terkadang teman kita akan bilang gak gaul lah, gak se-ide, dsb...

5. Ingat Bahaya
Menurut saya tidak ada salahnya seroang smokers selalu membaca peringatan di bungkusnya. Dari urutan itu nampak bahaya-nya dan bahkan hampir tidak ada manfaatnya. Dimulai dari kanker, impotensi, jantung, gangguan kehamilan, dan janin. Tulisan di bungkus rokok ini tentu saja bukan isapan jempol belaka karena paslah sudah diuji di laboratorium dan diperoleh data empiris tentang kandungan dan bahaya dari zat yang terkandung di dalamnya. Semua penyakit itu kronis sobat...jadikan peringatan itu motivasi anda untuk berhenti merokok. Jangan hiraukan pendapat orang "orang tidak merokokpun akhirnya akan mati", pendapat ini terkadang keluar dari seorang perokok berat terkait ajakan untuk berhenti merokok. Atau pernah juga ada kelakar = Rokok itu haram, makanya harus dibakar dan dimusnahkan (maksudnya dibakar diujung dan dihabiskan sampai ke ujungnya pula).

6. Uji Diri
Uji diri yang dimaksud adalah melihat dampak yang langsung teramati dari setiap hisapan. Cobalah anda hisap sekali hisapan, kemudian tempelkan mulut anda pada selembar kain putih, lalu hembuskan asap dari tubuh anda maka akan terlihat noda kuning di kain anda tersebut. Pertanyaan yang harus anda jawab sendiri adalah: Bagaimana noda semacam itu jika bersarang di paru-paru kita ?

Itulah sobat, tips yang bisa saya share kepada anda semua, tentu masih banyak faktor untuk bisa berhenti merokok, untuk itu silahkan beri komentar seputar tips menghindari rokok.
Semoga Sukses dalam Diet ROKOK.

2 komentar:

  1. yang Jelas merokok buat orang jadi KANKER... Kantong Kering...wkwkwk thx

    BalasHapus
  2. juga menjadi ahli hisab....^_^

    BalasHapus

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Sobat... ^_^