Selasa, 15 November 2011

Mengatasi Badan Pegal Setelah Olah Raga Berat

Apa yang saya rasa dan lakukan itulah yang menjadi topik pembicaraan di Blog ini, satu tujuan hanya mengejar target "konsisten" dalam update Blog...jika dibaca alhamdulillah, jika tidak berkenan ya minimal sudah mencurahkan isi hati.

Sobat blogger, setelah berolah raga berat semisal olah raga beladiri, terkadang memunculkan problema baru setelahnya yaitu seluruh badan berasa pegal dan sakit, hal ini sangatlah lumrah dan wajar karena konstraksi otot yang berat sewaktu aktivitas dilakukan, nah...beberapa tips perlu dilakukan agar Olah raga menjadi menyenangkan tanpa meninggalkan efek pegal-pegal disekujur tubuh. Berikut ulasannya:
1. Setelah melakukan aktivitas apapun terutama olah raga berat, diupayakan melakukan pendinginan atau pelemasan, hal ini dalam upaya untuk menghindari cidera dan kekakuan otot. Kegiatan pendinginan atau pelenturan ini bisa dilakukan sambil rileks dan dengan melemaskan bagian-bagian tubuh yang telah berkonstraksi selama latihan, semisal otot punggung dilemaskan dengan posisi duduk di lantai dan posisi mencium lutut.


2. Mandi dengan air hangat, upaya ini dilakukan untuk melemaskan otot-otot yang kaku setelah beraktifitas tesebut....niscaya rasa sakit yang timbul tidak akan sehebat yang mandi dengan air dingin.
3. Gosok dengan obat gosok, aktivitas ini dilakukan saat badan telah terlanjur sakit, tentu dalam upaya untuk mengurangi rasa sakitnya.
4. Rutin melakukan Olah raga tadi, karena dengan rutin otot akan terbiasa dengan beban berat sehingga untuk latihan/olah raga berikutnya tidak akan sakit lagi.
5. Kurang mengkonsumsi minum putih-pun dapat menyebabkan badan pegal-pegal sehingga disarankan minum air putih minimal 7-8 gelas sehari.
6. Lakukan peregangan dan relaksasi dengan memijit bagian tubuh yang sakit, setidaknya cukup membantu membuat nyaman tubuh.

Demikian tips kesehatan ini, saya share...jika ada masukan silakan tulis di kolom komentar...^_^

1 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Sobat... ^_^