Selasa, 09 Januari 2018

Tutupi Aib Saudaramu

Teringat jelas dalam ingatan sosok Guru yang memberi wejangan kepadaku, bahwa dalam kehidupan ini ada dua sisi yang saling berlawanan, ada baik ada buruk, jujur dan curang, dan sebagainya. Kadang nasehat guru tidak serta merta kita benarkan karena terkadang nasehat itu baru terasa jika kita mengalami suatu hal.

Begini, persaingan dalam dunia kerja pastilah ada...persaingan dalam jabatan, dalam kepemilikan posisi dan gaji, serta prestasi. Tak sedikit yang menghalalkan bermacam cara untuk mencapai apa yang dicita-citakan.
Sebagai seorang karyawan biasa, saya sejak dulu setelah mengenyam kerja di pabrik menanamkan prinsip, jangan pernah mematikan dan memutus penghasilan seseorang dengan melaporkan kekurangan dan kesalahannya kepada atasan. Namun justru itulah yang terjadi saat ini, saya sering dilaporkan kepada atasan atas kekhilafan yang dilakukan. Memang rasanya menjadi tidak adil jika segala aib kita disebar sementara aib orang lain kita simpan rapat. Akan sangat memalukan jika keburukan kita dikonsumsi orang banyak, sementara kita selalu diam dan tidak pernah mengumbar kesalahan orang lain.

Alih-alih ingin berprestasi, berprestasilah dengan cara yang layak dan etis, bukan menjatuhkan rekan sejawat hanya untuk memperoleh pengakuan baik, berjasa, maupun hebat.
Refleksi akhir dan awal tahun, agar kita selalu waspada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Sobat... ^_^