Rabu, 17 Februari 2010

Uji Coba Antivirus

Seperti biasanya kegiatan pencarian informasi selepas penat menjalankan kewajiban mengajarpun rutin saya lakukan, referensi saya setelah berita-berita terbaru di yahoo.news, langsung masuk ke akhdian.net; di laman tersebut ada posting baru tentang tata cara menguji keunggulan dan keampuhan antivirus yang terinstall di PC maupun laptop kita...

EICAR adalah string sederhana yang yang menjadi salah satu database dari antivirus berstandar Internasional. Jika antivirus yang kita gunakan mampu mendeteksi string EICAR sebagai virus maka secara sederhananya saja antivirus kita memiliki kemampuan basic antivirus yang baik.

Berikut langkah-langkah
yang bisa kita lakukan untuk membuat string EICAR dan menguji Antivirus kita.
1. Buka program Notepad, kemudian copy paste kode berikut:

X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

Penting, kode harus ada dalam 1 baris.
2. Kemudian save File yang anda buat dengan nama checkantivirus.com. Save As Type isi dengan All Files
3. Double klik file yang anda buat, maka jika Antivirus anda mendeteksi sebagai virus berarti antivirus anda cukup bagus.

Sekedar bercerita, saya menggunakan AVG 9.0 dan Microsoft Security Essential sebagai pelindung Komputer saya, dan begitu file tersebut saya jalankan kesemuanya menganggap string yang dibuat tadi sebagai sebuah sebuah virus. Sedangkan untuk SMADAV 8.0 akan mendeteksi setelah proses scanning drive dijalankan.
semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Sobat... ^_^