Jumat, 30 Maret 2018

Mengatasi Folder FOUND.000

Tidak ada perangkat penyimpanan yang bener-bener aman dan tahan dari gangguan kecuali tidak pernah dipakai atau dibawa kemana-mana. Singkat cerita, saya sedang mencari dokumen berupa foto masa lalu untuk diunggah di grup whatsapp keluarga, dicari kesana kemari tidak ketemu...setelah ketemu malah tidak dapat diakses dan filenya korup.
Iseng googling dan ada tips menggunakan CHKDSK di menu cmd.....awalnya lancar dan saya pikir akan benar-benar mengembalikan folder yang tidak dapat dibuka tadi, eh ternyata setelah selesai filenya malah bablas, hilang semua bin lenyap dari daftar folder yang ada.
Belum putus asa, langsung eksekusi dengan perintah ATTRIB *.* -s -h -a -r /s /d dan begitu proses muncul foldernya, yaitu FOUND.000 yang ketika dibuka ekstensi filenya bernama .CHK. Lah apa lagi ini ??
Iseng lagi, ikhitiar lagi cari cara, akhirnya ketemu yang namanya chk-back. Perangkat lunak ini diklaim dapat mengembalikan file-file yang diubah menjadi .chk tersebut ke file aslinya. Penasaran langsung saya unduh di SINI (CHK-BACK). Dan saya install....ga pake lama dan tidak ribet juga karena freeware, langsung saya coba. Setelah saya mencoba aplikasi ini, akhirnya saya dapat mengembalikan foto dan video yang telah menjadi file CHK pada folder Found.000. Langkah - langkah yang saya lakukan
1. Download aplikasi Chk-back, lalu instal aplikasi tersebut
2. Copy Found.000 atau folder yang berisi File CHK ke laptop.
3. Buka aplikasi Chk-Back, lalu browse atau cari folder yang telah dicopy tadi (saya telah merubah folder Found.000 menjadi karnaval), selanjutnya akan muncul File - file CHK dibawahnya.
4. Klik Start. Tunggu dalam beberapa menit maka akan muncul folder baru yang bernama ChkBack2 Result didalam folder Found.000 (punya saya folder karnaval).
5. Selamat recovery atau pemulihan file telah selesai. Lihat foto atau video anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Sobat... ^_^