Kamis, 30 Desember 2010

Manfaat Bayam (Spinacia oleracea)


Bayam (spinach)sudah dikenal beribu tahun yang lalu oleh para pendahulu kita, dan saking terkenalnya sampai-sampai Alrie Chrisler pada tahun 1920 menciptakan seorang tokok pelaut POPEYE yang dapat memperoleh kekuatan dengan hanya memakan bayam.
Meskipun tak sedahsyat cerita Popeye tesebut namun perlu kita sadari bahwa bayam tidak hanya sebatas sayuran pelengkap makan, namum dibalik warnanya yang hijau dan batangnya yang menarik ternyata bayam memiliki sederet kandungan yang sangat penting bagi tubuh kita.




Menurut direktur Gizi dept. kes RI, dalam setiap 100 gram bayam mengandung:
vitamin A6:09SI
vitamin B1 : 0,1 mg
vitamin C : 80 mg
Selain itu juga mengandung kalori 86,9 gram, mineral kalsium 267,0 mg fosfor, 66,8 mg lemak,0,5 zat besi dan protein 3,5 gram

Di dalam tubuh vitamin A berfungsi sebagai nutrisi pendukung imunitas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Di dalam tubuh, vitamin A berfungsi sebagai nutrisi pendukung imunitas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit, sementara itu vitamin B1 (tiamin) dikenal sebagai anti beri-beri dan membantu memaksimalkan pengobatan dan mengubah karbohidrat menjadi energi.
Zat besi juga bnyk terdapat pada tumbuhan ini, karena kekurangan zat besi dapat menyebabkan kurangnya kemampuan konsentrasi pada anak. Selain memicu anemia, juga mengatasi berbagai penyakit lainnya.
Semoga bermanfaat






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Sobat... ^_^