Jumat, 12 April 2019

Penulisan Daftar Pustaka/ Referensi Sesuai IEEE

IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) merupakan salah satu cara menuliskan rujukan, referensi dan daftar pustaka dalam sebuah karya ilmiah selain APA style dan sebagainya yang akan saya bahas di lain kesempatan.
Sebenarnya penulisan rujukan, referensi, dan daftar pustaka cukup terbantu jika memanfaatkan reference manager seperti Mendeley, Zotero, ataupun sejenisnya, namun perlu di sampaikan tentang apa itu IEEE.

Mengutip

Mengutip yaitu dengan mengambil kata-kata langsung dari sumber lain untuk mendukung argumen penyusun sehingga tidak perlu diubah dari bentuk aslinya. Ketentuan untuk mengutip yaitu : (1)     Mereproduksi teks persis dengan aslinya, setiap teks yang dikutip harus mencantumkan sumber dengan meletakannnya dalam bra-ket [kurung persegi], (2) Kutipan langsung digunakan untuk mendukung gagasan penyusun, bukan untuk menyajikan argumen baru.

Meringkas
Meringkas adalah menjelaskan secara singkat dari apa yang telah dikatakan oleh penulis lain, dengan menggunakan kata-kata yang dipilih oleh penyusun sendiri. Ketentuan untuk meringkas yaitu : (1) Mengikuti urutan yang sesuai dengan ide-ide asalnya; (2)Meringkas dari teks sumber yang sangat banyak dalam format yang lebih sederhana, (3) Menggunakan hal-hal yang penting dan relevan dari teks tersebut.

Parafrase
Parafrase merupakan suatu teknik pengambilan kata-kata dari seorang penulis lainnya dengan tujuan memperkuat argumen atau gagasan penyusun karya ilmiah. Ketentuan untuk melakukan parafrase yaitu : (1) Penempatan kata-kata penyusun sendiri dengan maksud menunjukkan pemahaman penyusun terhadap materi yang disusunnya, (2) Pemilihan bagian dari teks asli yang relevan dengan argumen penyusun, (3) Penggunaan gaya menulis yang dimiliki oleh penyusun sendiri, asalkan tidak mengubah makna aslinya.


Dalam penulisan daftar pustaka dengan menggunakan IEEE style, ketentuannya adalah sebagai berikut : [1]
  1. Referensi dengan IEEE style menggunakan angka numerik yang diletakkan dalam kotak persegi atas rujukan yang diambil dan menaruhnya pada akhir kalimat.
  2. Angka numerik yang terletak dalam kotak persegi tersebut dibuat sama persis dengan daftar pustaka pada halaman akhir karya ilmiah.
  3. Sistem penomoran harus berurut mulai dari [1], [2] dan seterusnya, selain itu juga harus diurutkan sesuai dengan referensi yang diambil sebagai rujukan dalam materi karya ilmiah.
Informasi umum penulisan daftar pustaka dengan mengacu pada IEEE style, adalah sebagai berikut :
  1. Daftar entri harus sama persis dengan urutan numerik yang sama dengan teks.
  2. Nama pertama dari penulis dituliskan dalam bentuk inisial dan nama belakang ditulis lengkap.
  3. Huruf pertama pada kata pertama sebuah artikel atau judul bab ditulis kapital, sedangkan untuk judul buku ditulis huruf kapital pada awal setiap kata.
  4. Judul artikel atau judul bab diberikan tanda kutip, sedangkan judul buku, jurnal, dan website dicetak miring.

Format penulisan dan contoh penulisan daftar pustaka dengan menggunakan IEEE style :[1]
1.    Artikel Jurnal
[##] Pengarang(s), “Judul artikel,” Judul Jurnal, vol.#, no.#, hal, bulan dan tahun terbit.
Contoh :
[1] S.K. Kenue, “Limited angle multifrequency deffiaction tomography,” IEEE Trans. Sonic Ultrason, vol. SU-29, no. 6, pp. 213-217, July 1982.

2.    Buku
Keseluruhan buku
[##] Pengarang(s), Judul Buku, Edisi (jika ada), Tempat Publikasi: Penerbit, Tahun terbit.
Contoh :
[2] P.M. Morse and H. Feshback, Methods of Theoretical Physic. New York: McGraw Hill, 1953.
Bagian dari buku
[##] Pengarang(s), “Judul Bab,”, Judul Buku, Edisi (jika ada). Tempat Publikasi : Penerbit, Tahun, halaman.
Contoh :
[3] P.S. Meszaros, S.Lee and A. Laughlin, “Information processing and information technology career interest and choice amoung high school students,” Reconfiguring the Firewall, Wellesley: A K Peters, 2007, 77-86.

3.    Artikel dari Proceding (seminar/workshop)
[##] Pengarang (s), “Judul artikel”, Judul Proceding, hal, tanggal pelaksanaan seminar, tahun.
Contoh :
[5] R. Frinkel, R. Taylor, R. Bolles, R. Paul, “An overview of AL, programming system for automation,” in Proc. Fourth Int. Join Conf Artif.Intel., pp. 758-765, Sept. 3-7, 2006.

4.    Online/website
[##] Pengarang (s), “Judul dokumen,” Judul website atau pemilik, Tanggal Publikasi. [Online]. Tersedia : URL [Diakses tanggal bulan tahun].
Contoh :
[13] B. Paynter, “Robodinos: what could possibly go wrong?”, Wired, 20 Juli 2009, [Online]. Tersedia: http://www.wired.com/entertainment/magazine/17-08/st_robotdinos [Diakses: 25 Juli 2010].
Referensi :
[1] Admin, “The academic writing help center referencing: IEEE”, University of Ottawa, [Online]. Tersedia: http://www.sass.uOttawa.ca/writing [Diakses 30 September 2011].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Sobat... ^_^