Rabu, 04 Januari 2017

Review Film: Passanger's (2016): Fiksinya terlalu nyata

Film Passengers ini merupakan sebuah film bertemakan Sci Fi yang disetting dalam bentuk modern tentang perjalanan antar waktu untuk mencapai dunia (tempat) tinggal baru. Passengers dirilis oleh Sony Pictures Entertainment SPE, Start Motion Pictures dan Company Films.
Film ini menceritakan tentang kisah sebuah pesawat ruang angkasa yang mana diisi oleh ribuan penumpang yang sedang dimati surikan, dalam film ini dinamakan Kriogenik, mereka sedang melakukan perjalanan ke sebuah planet yang jaraknya jutaan mil cahaya dan mereka menuju sebuah planet terjauh dan kecepatan pesawat itu pun mencapai jutaan kilometer per jam. Saat itu terjadi sebuah insiden dimana salah satu kamar penumpang mengalami kerusakan sehingga membangunkan salah satu penumpangnya (passanger), dia terbangun 60 tahun lebih awal dan beresiko untuk mengalami masa tua, kemudian dia memutuskan untuk membangunkan salah seorang penumpang wanita dan disanalah mulai terjalin cinta mereka.

Jika ditilik dari konsep modernisasi, filim ini sangat bagus dari sisi Jarvis, komputer yang super canggih, dan desain ruang yang memang cukup elegan. Selain aktor dan aktris yang lumayan, tapi film ini menurut saya film yang ngirit biaya...betapa tidak selama film berlangsung hanya menyuguhkan 4 pemain utama, dengan pemain pendukung itupun hanya rekaman masa lalu. Hal yang kurang masuk akal lagi ketika si pria menanam pohon di tengah aula....secara logika itu media tanamnya pakai apa ya?
Oleh karena itu, film ini fiksinya terlalu nyata (kelihatan), bahkan jika dilihat dari aspek fisisnya banyak yang kurang relevan.
1. Perjalanan ke planet baru membutuhkan waktu 90 tahun dari bumi; nah pesawat yang ditumpangi tersebut bergerak dengan kecepatan apa? jika dengan kecepatan mendekati laju cahaya, bukankan akan berlaku paradoks kembar ?
2. Dari sekian banyak (dalam film disebutkan 5000an) penumpang, kenapa yang gagal hanya 1 orang saja, dan dari sekian banyak wanita yang ada, knp yang dibangunkan adalah sang penulis ?
3. Kegagalan hibernasi karena reaktor yang rusak, untuk memperbaikinya harus membuka secara manual lubang pembuangan, lah...ini reaktor nuklir, kenapa hanya dengan tameng kecil pemeran masih sehat wal bugar....
4. Perjalanan melintasi sebuah bintang...keren lah pokokmen, nah apa granulasi bintang yang mirip matahari tersebut tidak mempengaruhi mekanisme kerja pesawat yang ditumpangi ?

Yaa, itu adalah pertanyaan besar yang menyisakan tanda tanya ketika selesai menonton...Jika ada penasaran silakan menonton sendiri dan disimpulkan sendiri.
Ini iklan filmnya

Namun secara efek dan imajinasi film ini oke sebagai hiburan dari pada mlongo aja menanti hujan reda....selamat beraktivitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Sobat... ^_^