Selasa, 18 Februari 2020

Mulai dari Awal atau Mulai dari Nol ?

Selamat siang sobat, apa kabarnya ? Semoga baik-baik saja ya 😉

Kalau dilihat dari judul di atas, tentu sobat sudah bisa menebak kalimat tersebut sering diutarakan dimana ?
Yap, di SPBU...mbak atau mas penjaganya akan bilang dari Nol ya... begitu bukan ?
Nah sobat, jika di fisika kata nol dan awal memiliki implikasi yang berbeda, meskipun di sekolah dianggap sama dan tidak penting untuk dipermasalahkan. Namun menurut saya nol dan awal adalah kejadian yang berbeda meskipun merujuk dari kata mula-mula, original point, atau ground state.
Jika mba/ mas penjaga SPBU mengatakan dari NOL itu tidaklah salah karena mereka merujuk pada angka pada meter pengukur bahan bakar yang berputar. Meskipun kita tak pernah tahu kalibrasi meteran tersebut PASTI PAS atau ada selisih namun pihak SPBU ingin meyakinkan kepada konsumen jika pengisian bahan bakarnya dimulai dari Nol (disebut juga zero absolut/ nol mutlak).

Nah kata awal berbeda kasusnya, awal berarti awalan atau permulaan. Permulaan tidak mesti dimulai dari NOL bukan ? Contohnya kecepatan awal (vo) yang dapat dibaca v original, ini adalah mula-mula bukan dari NOL absolut. Bisa jadi sebuah kendaraan memiliki kecepatan awal bukan nol, sehingga dari sini jelas apa perbedaan menggunakan dari nol dan dari awal.
Berkaitan dengan hal tersebut, mari kita benahi konsepsi kita berdasarkan kaidah yang benar, baik dalam lisan, maupun keseharian menyebutkan konsep yang benar.
Untuk sobat yang ingin belajar fisika, saya sudah membuat chanel youtube dari AWAL ya...silakan cek, komen, like, dan subscribes.

Ditunggu. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Sobat... ^_^